Kamis, 10 Januari 2013

Ikan Ini Memanjat Air Terjun dengan Mulut



Richard Blob Sicyopterus stimpsoni mampu memanjat dengan mulut dalam eksperimen di akuarium.

SOUTH CAROLINA, KOMPAS.com - Berenang melawan arus memang menantang. Tapi, bagaimana dengan memanjat air terjun? Spesies ikan Sicyopterus stimpsoni atau Gobi Nopoli Pemanjat Air Terjun ternyata ahli dalam melakukannya.

Bukan cuma kemampuan memanjat air terjun yang mengagumkan. Mekanismenya pun mengejutkan. Sicyopterus stimpsoni memanjat tebing air terjun dengan mulutnya. Ikan ini menghisap permukaan batuan untuk melekatkan dirinya dan memanjat air terjun.

Ilmuwan membuat video tentang mekanisme memanjat ikan tersebut. Mereka mengetahui bahwa ikan ini juga memiliki mekanisme yang sama untuk memakan alga. Dalam proses evolusinya, ikan ini belajar menggunakan otot yang sama untuk dua aktivitas berbeda.

"Kami terpesona bahwa perilaku ekstrem ikan ini, memanjat air terjun dengan mulut, mungkin dipengaruhi lewat proses evolusi dari perilaku dasar mencari makanan," kata Richard Blob dari Clemson University, seperti dikutip Physorg, Jumat (4/1/2013).

Dalam eksperimen di akuarium, peneliti membuktikan bahwa mekanisme makan dan memanjat sama. Ikan bergerak dengan menghisap permukaan akuarium yang memiliki makanan sekaligus beranjak daerah yang lebih tinggi.

Hasil penelitian dipublikasikan di jurnal PLoS ONE, Jumat lalu. Sicyopterus stimpsoni dewasa biasanya hanya memiliki panjang tubuh 18 cm. Namun, dengan tubuh kecil itu, mereka bisa memanjat air terjun hingga setinggi 100 meter. Mengagumkan.sumber:Kompas.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar