Sabtu, 20 Oktober 2012

Madinah Tanpa Situs Bersejarah


Pusat Penyebaran Islam 


Kata "madinah" berarti "kota". Madinah ibu kota Provinsi Madinah, terletak di daerah Hijaz, Arab Saudi barat. Dari Mekkah berjarak 340 km ke utara dan 120 km dari Laut Merah. Semula bernama Yatstrib, kemudian setelah hijrah dikenal dengan nama Madiinatunnabi (Kota Nabi) atau Almadiinah Almunawwarah (Kota yang bercahaya). 
Yatstrib sudah ada sejak enam abad sebelum Masehi. Pada abad ke-2 Masehi, ketika perang Roma-Yahudi berkecamuk, tiga suku Yahudi memilih tinggal di Yatstrib, yaitu Bani Qainuqa, Bani Quraizah, dan Bani Nadir. Dua suku yang berasal dari Yaman, ialah Bani Aus (Banu Aws) dan Bani Khazraj menyusul. Namun pada abad ke-5, kedua suku itu mengambil alih kepemimpinan kota.
Tahun 622, Nabi Muhammad SAW berhirah ke Madinah. Setibanya di kota ini, Nabi dan pengikutnya merancang sebuah peraturan untuk menyatukan penduduk Madinah. Peraturan/konstitusi itu disetujui oleh penduduk kota dan dikenal dengan nama Piagam Madinah.
Kota Madinah dikenal karena keberadaan Masjid Nabawi, masjid yang dibangun oleh Nabi Muhammad SAW sebagai tempat pergerakan perjuangan penyebaran Islam. Dari Madinah, Islam menyebar ke seluruh Jazirah Arab lalu ke seluruh dunia. Jejak perjuangan Islam tersebar di seluruh kota, antara lain Jabal Uhud, Khandaq, dan Masjid Quba (masjid yang pertama dibangun pada masa Muhammad SAW.
Setelah Rasulullah wafat, pemerintahan Islam berkembang pesat di bawah kepemimpnan khalifah dan berhasil menaklukkan kota-kota penting seperti Damaskus, Iskandariah, dan Bagdad. Ketika itu Madinah menjadi ibu kota negara sampai kepemimpinan khalifah yang keempat berakhir dan pusat pemerintahan dipindahkan ke Damaskus. Selanjutnya Madinah difungsikan sebagai pusat keagamaan saja dan melepaskan fungsi politiknya.
Karena khawatir terhadap penyembahan situs-situs, Pemerintahan Kerajaan Arab Saudi menghancurkan beberapa situs bersejarah di Kota Madinah, diantaranya Masjid Salman Alfarisi, Masjid Raj'at Asysyams, pemakaman Jannatulbaqi dan rumah Nabi Muhammad SAW.
Madinah juga sama dengan Kota Mekah, terlarang untuk non muslim.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar