Selasa, 25 September 2012

Kenapa Diet Baiknya Dimulai Senin?


:
Motivasi berdiet ternyata erat kaitannya dengan masalah waktu.
 - Hal yang paling dibutuhkan orang untuk memulai diet dan olahraga adalah motivasi. Dan, motivasi ternyata erat kaitannya dengan masalah waktu. Kapan kita mulai melaksanakan niat tersebut, itulah yang paling memegang peranan. Bagi banyak orang, diet ternyata paling tepat jika dimulai pada hari Senin.
Penelitian yang digelar oleh LighterLife, situs penyedia program penurunan berat badan, ini mengungkapkan bagaimana 54 persen dari 1.000 responden yang dilibatkan mengaku menunggu sampai Senin untuk memulai diet. Meski begitu, 86 persen responden mengakui pula bahwa mereka menggunakan alasan yang dibuat-buat untuk tidak melanjutkan program diet tersebut. Bahkan 37 persen perempuan mengatakan diet tak akan berjalan sesuai rencana karena mereka tak akan betah menjalaninya dalam satu hari pun.
Lalu, mengapa harus Senin?

Ini berkaitan dengan faktor psikologis dari hari Senin. Senin adalah hari pertama dalam seminggu, awal dari segala kesibukan kita dalam hari-hari berikutnya. Meskipun hari pertama dalam seminggu sebenarnya Minggu, kebanyakan orang justru memilih untuk bersantai pada hari Minggu. Bahkan orang-orang yang sedang diet pun biasanya melakukan cheating day (makan enak setelah diet selama lima hari sebelumnya) pada Minggu.

Mengawali diet pada hari di mana Anda ingin bersantai setelah lima hari bekerja bisa merasa Anda merasa sedang dihukum, atau tidak memberi penghargaan pada diri sendiri. Padahal, diet harusnya bukan dijadikan sebagai suatu bentuk hukuman.

Jika Anda mulai diet pada Senin, penyesuaiannya dengan hari yang sibuk akan terasa lebih mudah. Ketika Anda merasa tertantang dengan kesibukan pada minggu yang sedang berjalan, Anda pun akan memandang diet sebagai bagian dari tantangan tersebut. Salah satunya dengan membawa bekal makanan rumahan yang lebih sehat.

Nah, pada akhir pekan, orang-orang yang aktivitasnya sangat padat pada hari-hari kerja memang cenderung makan dengan cara yang berbeda. Akhir pekan adalah saat di mana Anda bisa jajan di luar dan memanjakan diri dengan makanan enak.

Keuntungan lain dengan mulai diet pada hari Senin adalah Anda punya waktu untuk menyiapkan makanan yang lebih sehat sehari sebelumnya. Pada hari Minggu, sambil jalan-jalan di mal Anda bisa berbelanja bahan makanan. Setelah itu merancang menu makanan selama seminggu ke depan. Dengan demikian, Anda tidak merasa terpaksa menyiapkan menu di tengah minggu yang sibuk. Ketika merasa terpaksa dan kehilangan ide, Anda cenderung menyerah dan berhenti berdiet.

Karena mengawali diet pada hari Senin membuat Anda lebih termotivasi, hasilnya pun akan lebih terlihat. Setelah berhasil menjalani diet selama seminggu, akan lebih mudah bagi Anda untuk melanjutkan program tersebut pada minggu berikutnya.



sumber:Kompas.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar