Rabu, 03 Oktober 2012

Sebentar Lagi RoboCop Jadi Kenyataan

foto
Robocop (Discovery News)

 Florida - Masih ingatkah Anda dengan slogan dalam poster film RoboCop? "Part man. Part machine. All cop. The future of law enforcement."

Slogan ini tentu menginspirasi manakala misi penegakan hukum di masa depan terus dilakukan.

Para peneliti di Florida International University''s Discovery Lab bekerjasama dengan Letnan Komandan Jeremy Robins dari Angkatan Laut Amerika Serikat baru-baru ini membangun patroli untuk membuat robot yang bisa dikendalikan dari jarak jauh.

"Kami ingin menggunakan telebots itu untuk memberi tugas kepada tentara maupun polisi cacat supaya mereka tetap dapat menegakkan hukum," ujar Robin dalam keterangan tertulis seperti dilansir Discovery News, Rabu 3 Oktober 2012.

Menurut Robin, dengan telebots itu seorang polisi cacat akan mampu melakukan banyak hal dan tidak hanya berada di kantor untuk merespon panggilan 911.

Untuk mewujudkan visinya, Robins menyumbangkan US$ 20 ribu dari koceknya sendiri ke Discovery Lab dan meminjam dua robot senilai US$ 50 ribu dari Florida Institut untuk Human Machine Cognition (IHMC).

"Telebots harus terlihat mengintimidasi dan cukup berwibawa sehingga orang-orang akan mematuhi perintahya," kata Robin. Tentu, perintah itu bukan dari robot tersebut tetapi dari polisi cacat yang mengendalikannya.



sumber:tempo.co

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar