Rabu, 03 Oktober 2012

7 Hal yang Harus Dihindari Dalam Menghemat Uang

Banyak orang yang terus-menerus mencari cara menghemat uang, namun rupanya cara tersebut tidak selalu menjadi sesuatu yang baik. Terkadang  jalan pintas justru memakan biaya lebih banyak dalam jangka panjang. Hal tersebut dapat membuat Anda menghabiskan lebih banyak uang untuk memperbaiki suatu masalah. Jadi apa saja yang seharusnya dihindari dalam menghemat uang?


Membeli produk kecantikan bekas
Anda akan terkejut dengan jenis bakteri yang menempel pada produk kecantikan bekas, sehingga saat Anda berusaha untuk menghemat uang dengan membeli produk bekas atau yang sudah terbuka, Anda juga akan tertular kuman atau penyakit dari orang lain. Bahkan membeli parfum yang kemasannya terbuka dapat berisiko. Anda tidak pernah tahu apa yang ada di sana, terutama jika Anda tidak akrab dengan orang yang menjual kepada Anda. Sangat penting untuk menghindari produk tersebut jika Anda memiliki kulit yang sensitif.

Menunda-nunda pergi ke dokter
Saya tahu banyak orang yang menunda-nunda pergi ke dokter hanya demi menghemat uang. Saya sendiri pernah  melakukannya di masa lalu. Namun, semua itu biasanya hanya akan membuat masalah menjadi lebih buruk dan Anda akan membutuhkan perawatan medis lebih dari yang seharusnya Anda dapatkan jika Anda berobat ke dokter sejak pertama kali sakit. Daripada menunda berobat, pergi ke dokter akan membuat pembayaran Anda lebih terencana.

Membeli produk keamanan bekas
Sangatlah berbahaya membeli produk keamanan yang telah digunakan termasuk pada kursi mobil anak-anak, helm, sepeda, dan sepeda motor, alarm kebakaran, alat pemadam kebakaran dan detektor karbon monoksida. Anda tidak tahu berapa kali produk terebut pernah dipakai dalam kecelakaan atau telah digunakan dan seberapa parah kerusakannya, kerusakan barang-barang tersebut belum tentu terlihat. Hindari mengambil risiko itu dengan membeli produk keamanan yang masih baru sebagai gantinya.

Melakukan pekerjaan yang tidak bisa Anda tangani
Seorang teman saya pernah mencoba memperbaiki toilet di ruang bawah tanahnya, padahal ia hanya perlu memanggil tukang ledeng karena banjir. Beberapa orang berpikir mereka dapat menangani sebuah pekerjaan sulit padahal mereka tidak memiliki pengalaman sama sekali. Kemudian mereka biasanya harus memanggil seorang profesional pula untuk memperbaiki masalah awal ditambah kerusakan yang disebabkan oleh perbaikan yang ia lakukan sebelumnya. Jika Anda belum pernah melakukan suatu pekerjaan tertentu sebelumnya, lebih baik Anda menyewa seseorang untuk melakukannya atau setidaknya memanggil teman yang ahli untuk membantu Anda.

Membeli barang elektronik bekas
Ada banyak jenis-jenis barang  elektronik termasuk laptop, TV, dan pemutar DVD yang seharusnya Anda beli baru dan bukan yang bekas. Barang-barang tersebut sangat sensitif sehingga jika sampai terjatuh atau terbentur dapat menjadi rusak. Anda tidak tahu berapa kali mereka "rusak" sebelum Anda membelinya. Anda bisa-bisa mengeluarkan uang lebih untuk barang bekas yang baru Anda beli itu.

Membeli makanan cepat saji
Makanan cepat saji biasanya lebih murah daripada makanan sehat. Namun, lebih banyak toko dan restoran yang menyadari bahwa orang ingin pilihan makanan sehat dan mereka membuat hal itu terjadi. Bahkan pada menu  di tempat-tempat makanan cepat saji, Anda akan menemukan yoghurt dan salad. Makan makanan cepat saji mungkin tampak seperti ide dengan biaya yang efisien, namun tidak dalam jangka panjang ketika Anda mulai mengalami penambahan berat badan dan masalah kesehatan. Pilihlah makanan yang berbiaya murah dan sehat, maka Anda pun akan menuai keuntungan.

Memotong rambut Anda sendiri
Ketika saya masih kecil, saya ingin memotong rambut. Ibu saya bilang saya harus menunggu sampai waktunya. Namun saya tidak ingin menunggu, jadi saya mengambil gunting dan memotong rambut sendiri. Kami akan mengatakan bahwa itu bukanlah tampilan yang menarik dan tidak ada cara untuk memperbaikinya selama sementara waktu.

Tetapi kejadian serupa juga banyak dilakukan orang dewasa. Mereka memotong rambut mereka sendiri. Ada alasan mengapa para penata rambut belajar bagaimana untuk memotong rambut. Biarkan mereka melakukannya untuk Anda sebelum akhirnya Anda terlihat benar-benar konyol.

Tentu baik untuk menghemat uang, namun apakah Anda benar-benar ingin melakukannya dengan pertimbangan biaya? Jika Anda tidak mampu melakukan sesuatu dengan segera, sisihkan beberapa rupiah setiap pekan untuk ditabung, atau jika Anda membutuhkan biaya saat ini, buatlah rencana pembayaran atau sebagai upaya terakhir, pinjamlah uang dari seseorang!



sumber:yahoonews

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar