Sabtu, 27 Oktober 2012

Misteri Ikan Pemanah Terpecahkan



BBC Ikan pemanah (Toxotes jaculatrix)
MILAN, KOMPAS.com- Peneliti Universitas Milan di Italia memecahkan misteri kemampuan ikan pemanah (Toxotes jaculatrix) dalam "menembak" mangsanya. Dalam BBC 25 Oktober 2012, dijelaskan, ikan pemanah mampu menyemburkan air secepat jet secara akurat dari jarak 2 meter.
Hebatnya lagi, tembakan air ini mampu menjatuhkan serangga yang sedang bergelantung di ranting. Setelah mangsa jatuh, ikan pemanah ini akan menyantapnya.
Penelitian yang telah dipublikasikan dalam jurnal PLoS ONE ini menggunakan metode pangamatan. Gerakan ikan direkam menggunakan video berdefinisi tinggi untuk merekam gerakan yang sangat cepat.
Prof Alberto Vailati, anggota tim peneliti, menggambarkan proses semburan air dari mulut ikan mirip dengan mekanisme pistol air atau menekan mainan dari bahan karet yang berisi air. Semprotan air yang sangat kuat ini dihasilkan saat ikan menekan lidahnya pada lekuk mulutnya.
Ini membentuk formasi yang sempit dan tajam. Kemudian, ikan pemanah ini menutup insangnya untuk mendorong air melesat kea rah mangsa.
Pancaran ini diklaim lebih kuat dibanding enam kali kekuatan ototnya. Lesakan air ini menerobos badan air dan bertambah cepat sehingga membentuk tetesan air yang besar. Enerigi yang sangat besar ini memaksimalkan dampak titik air saat menghantam mangsa.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar