Sabtu, 13 Oktober 2012

Jebakan Short URL Di Facebook



Pernah baca status atau komentar teman di Facebook seperti ini?
- Ini fotoku wkt lg ML http://tinyurl.com/rahasiapribadiku
- Jangan salahin w kalo lo bakal ngakak ngeliat ni orang :D http://tinyurl.com/sampahh
- Hiks..hiks..hiks..barusan mampir dari http://goo.gl/ds4vc KEREN bgt swearr.. buruan...mampir
Awas, jangan diklik! Beneran nih. Walaupun bikin penasaran, dan itu ada di dinding teman yang kita kenal di Facebook. Itu adalah sebuah jebakan. Jika diklik maka pengguna akan dibawa ke sebuah halaman kosong, tapi sebetulnya akun yang bersangkutan langsung mengirimkan pesan sejenis kepada teman-temannya, begitu seterusnya.
Penyingkat URL (URL Shortener) bertujuan untuk mempersingkat alamat halaman website yang terlalu panjang. Karena sulit diketahui alamat aslinya, URL Shortener sering digunakan untuk melakukan kejahatan di dunia maya. Sejauh ini yang terjadi di Facebook memang belum berbahaya, hanya sebatas menyebarkan diri. Namun tetap ada kemungkinan cara ini akan dikembangkan untuk mencuri data-data pribadi atau menyisipkan program-program jahat (malware).
Bagaimana jika sudah terlanjur mengklik? Ada beberapa cara untuk menghentikan penyebaran jebakan ini :
Ganti password Misalkan jebakan ini berhasil mencuri data-data penting akun, dengan mengganti password berarti menutup kemungkinan orang lain untuk masuk menggunakan akun tersebut.
Hapus dan beritahukan kepada teman-teman Segera hapus status atau komentar seperti di atas kemudian segera beritahukan kepada teman-teman agar tidak lagi menyebar.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar