Sabtu, 13 Oktober 2012

Jean Jennings Bartik, Ahli Komputer Wanita Pertama


Senin, 28 Maret 2011
jean_bartik (246 x 308) Pada tanggal 23 Maret 2011, salah satu programer komputer wanita, Jean Jennings Bartik meninggal dunia. Dia meninggal pada usia ke-86 di New York, Amerika Serikat.
Jean Jennings Bartik lahir pada tanggal 27 Desember 1924 dan dibesarkan di sebuah peternakan dekat Stanberry, Missouri. Setelah lulus SMA ia melanjutkan kuliah matematika di Northwest Missouri State Teachers College yang sekarang menjadi Northwest Missouri State University dan lulus tahun 1945. Ia menolak tawaran ayahnya untuk menjadi guru dan menikah di kota kelahirannya. Sebaliknya ia pergi ke Philadelphia untuk bekerja.
Saat itu angkatan militer AS sedang mengembangkan proyek rahasia, Electronic Numerical Integrator And Computer (ENIAC) di University of Pennsylvania. Jean Jennings Bartik yang bekerja di situ akhirnya direkrut oleh angkatan militer AS untuk mengadakan penelitian tentang perhitungan balistik selama Perang Dunia II. Kemudian bersama lima rekan wanita lainnya, Jean dimasukkan ke dalam proyek ENIAC. Ia bertugas memrogram komputer besar dengan berat 27 ton dan berisi 18 tabung vakum itu. Setelah itu ia melanjutkan tugas yang sama untuk komputer BINAC dan UNIVAC, sebelum pindah ke bidang penerbitan berteknologi tinggi.
eniac
Hasil pekerjaan Jean Jennings Bartik dan programer ENIAC lainnya tidak begitu mendapat perhatian setelah Perang Dunia II. Tapi setelah itu, Bersama para rekannya, pada tahun 1997 Jean Jennings Bartik dinobatkan masuk ke dalam Women in Technology Hall of Fame. Karyanya di bidang komputer juga ditampilkan dalam film dokumenter ‘Top Secret Rosies: The Female Computers of World War II’.
sumber : CNN, Wikipedia

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar