Jumat, 21 September 2012

Inilah Binatang Penyebab Konsleting Listrik

LaPolla, dkk Nylanderia pubens



BALTIMORE, KOMPAS.com - Para biolog akhirnya berhasil mendeskripsikan semut Rasberry Crazy, jenis semut "nakal" yang suka hidup di sekitar kabel listrik dan berpotensi mengakibatkan konsleting.
Semut Rasberry pertama kali ditemukan di Houston. Kini, semut ini juga ditemukan di 21 wilayah negara bagian Texas serta beberapa wilayah Missisipi dan Lousiana. Hewan ini berukuran sekitar 4-5 mm dan memiliki warna kemerahan.
Sebelumnya, biolog hanya berhasil mendeskripsikan hingga tingkat genus, yaitu genus Nylanderia. Karenanya, semut ini hanya diberi nama berdasarkan penemunya, Tom Rasberry.
Adalah John LaPolla, taksonom dari Towson University di Maryland, yang kemudian mempelajari spesies semut tersebut dan berhasil mengidentifikasi.  Riset LaPolla dipublikasikan di jurnal PLoS ONE pada Rabu (19/9/2012). Spesies tersebut diberi nama Nylanderia fulva.
Identifikasi berhasil dilakukan setelah membandingkan N. fulva dengan spesies lain di genus yang sama. LaPolla mengatakan, proses identifikasi cukup rumit karena N. fulva sangat mirip dengan spesies N. pudes. Ia kemudian mengetahui bahwa perbedaan keduanya ada pada alat kelamin jantannya.
"Beberapa lelucon yang beredar di kalangan taksonom serangga adalah bahwa kita menghabiskan banyak waktu untuk mepelajari spesies ini. Dan jawabannya adalah karena kadang-kadang ada ciri yang membantu membedakan spesies tersebut," ungkap LaPolla.
Pemberian nama sangat penting. Penamaan membantu biolog mengetahui musuh alami semut itu sehingga bisa mengendalikannya. Semut Rasberry yang berpotensi menimbulkan konsleting bisa mengganggu. Tahun 2008, Johnson Space Center di Houseton harus memanggil ahli untuk membantu mencegah semut-semut tersebut bergerak menuju peralatan komputernya. Penamaan juga membantu ilmuwan memahami fungsi spesies dalam suatu habitat.



sumber

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar