Selasa, 18 September 2012

[HTML Simple Hack] Mengetahui Isi Field Password pada Halaman Web dengan Firefox

         Pernahkah Anda pada saat membuka sebuah situs, field email dan password telah terisi? Entah itu di warnet, di laptop teman, atau bahkan di laptop Anda, secara default fitur dari berbagai browser adalah menawarkan pengguna untuk menyimpan password akunnya pada saat login seperti pada gambar di bawah ini.
Opsi pengingat password pada Firefox
Bila pengguna memilih opsi agar browser mengingat password-nya, maka ketika mengunjungi situs tersebut lagi, username dan password-nya akan otomatis terisi. Bagi yang merasa penasaran saat menemukan akun orang lain di sebuah komputer, mungkin akan mencoba meng-copy bulatan-bulatan password tersebut ke Notepad. Namun tentu saja hasil paste password tersebut bukan berupa isinya.
Dengan menggunakan browser Firefox, Anda bisa mengetahui apa isi bulatan-bulatan password tersebut dengan mudah. Berikut ini langkah-langkahnya.
  1. Setelah membuka halaman yang terisi password-nya, klik kanan pada field password tersebut. Anda juga bisa mencobanya dengan mengisikan secara manual ke field password tersebut sesuka Anda. Setelah muncul menu klik kanan, pilih “Inspect Element (Q)”. Bila Anda telah memiliki FireBug dan mengerti cara menggunakannya, langkah berikutnya bisa dilakukan lebih mudah dengan tool “inspect element” yang sejenis.
    Klik menu “Inspect Element (Q)”
  2. Setelah itu, pada field akan muncul sebuah informasi yang berupa kode HTML dari field tersebut, beserta id dan class-nya bila ada. Yang perlu Anda lakukan berikutnya adalah mengklik tombol “HTML” di pojok kiri bawah, untuk membuka kotak kode HTML-nya.
    Klik tombol HTML
  3. Anda bisa melihat baris kode dengan latar belakang berwarna biru, yaitu tag “input” dengan type “password”. Kode tersebutlah yang merepresentasikan field password pada halaman login tersebut. Anda mungkin menemukan struktur HTML yang berbeda pada situs lain seperti Facebook atau Twitter. Namun bila Anda sudah menemukan dua kata kuncinya, yaitu bahwa tag tersebut adalah “input“, dan atribut type-nya “password“, langkah berikutnya bisa Anda lakukan di semua situs.
    Struktur kode field password
  4. Langkah berikutnya yang harus Anda lakukan adalah klik dua kali pada atribut type="password" tersebut, kemudian ganti tulisan password menjadi “text“. Bila Anda belum mengerti tentang dasar HTML Form, tag input dengan atribut type="text"akan menampilkan isinya sesuai dengan aslinya.
    Ubah atribut type menjadi text
  5. Selesai sudah. Bila Anda melihat kotak password pada halaman web tersebut, maka isi asli password-nya akan terlihat.
    Password telah terbuka
Anda juga bisa memanfaatkan teknik ini pada browser Chrome atau lainnya yang mendukung fitur “inspect element” untuk pengeditan kode HTML secara realtime. Selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar