Jumat, 21 September 2012

8 Dubes AS yang Tewas Saat Bertugas

Dubes AS untuk Libya Chris Steven, tewas karena menghirup asap yang ditimbulkan karena gedung Konsulat AS dihunjam roket buntut dari protes massa Libya atas film 'Innocence of Muslims'. Kantor sejarah Kemenlu AS mengumpulkan bahwa ada 7 dubes AS yang bernasib serupa, meninggal dalam tugas.

1. Laurence Steindhart



Laurence Steindhart adalah diplomat kawakan yang melanglang buana menjadi Dubes AS untuk Swedia, Peru, Uni Soviet, Turki, Cekoslovakia dan Kanada. Steindhart merupakan Dubes AS pertama yang gugur dalam tugas.

Saat menjadi Dubes AS untuk Kanada, dia meninggal dalam kecelakaan pesawat pada 28 Maret 1950 saat pesawatnya terbang di wilayah Ontario, Kanada. Dia dikuburkan di Arlington National Cemetery.
2. John Gordon Mein

John Gordon Mein adalah Dubes AS untuk Guatemala. Limousin yang dikendarainya dicegat di tengah jalan oleh gerilyawan Fuerzas Armadas Rebeldes di Guatemala City. Dia kemudian diminta turun dan ditembak pada 28 Agustus 1968. Insiden itu hanya satu blok dari Gedung Konsulat AS.

3. Cleo A Noel Jr

Cleo A Noel Jr adalah Dubes AS untuk Sudan. Noel ditembak oleh faksi Black September Organisasi Pembebasan Palestina di Khartoum pada 1 Maret 1973. Noel dimakamkan di Arlington National Cemetery.

4. Rodger P Davis

Rodger P Davis adalah Dubes AS untuk Siprus Rodger P Davis meninggal karena ditembak sniper saat demo di depan Kedubes AS di Nikosia, Siprus pada 19 Agustus 1974. Demonstrasi itu untuk memprotes kebijakan AS atas Siprus.

Davis dimakamkan di Sunset View Cemetery, El Cerrito, California.
5. Francis E Melloy

Francis E Melloy, Dubes AS untuk Libanon, penasihat ekonomi serta sopirnya diculik oleh Front Populer Pembebasan Palestina (PFLP) dan ditembak mati pada 16 Juni 1976. Pembunuh mereka Bassem Farkh dan Namek Kamal akhirnya dibebaskan pada tahun 1996 karena menurut Hukum Amnesti Internasional 1991, hal itu termasuk kejahatan yang dilakukan saat perang.
6. Adolph Dubs

Adolph Dubs adalah Dubes AS untuk Afghanistan. Dia diculik tentara militan dan ditahan di Kabul Hotel. Para tentara militan meminta tebusan pembebasan pimpinan mereka Badruddin Bahes.

Setelah pertukaran itu, terjadi tembak menembak antara Polisi Afghanistan dan tentara militan yang menculik Dubs. Tim kesehatan Kedubes AS menemukan Dubs duduk di kursi dengan beberapa luka tembak di kepala dan dada. Insiden itu terjadi pada 14 Februari 1979.
7. Arnold L Raphel

Arnold L Raphel adalah Dubes AS untuk Pakistan yang fasih berbahasa Urdu, Prancis dan Persia. Dia meninggal dalam kecelakaan pesawat di Bahalwalpur, Pakistan pada 17 Agustus 1988. Dalam pesawat yang Raphel tumpangi juga ada Presiden Pakistan Zia ul-Haq dan Jenderal AS Brigjen Herbert M Wassom

8. John Christopher Steven


Steven adalah Dubes AS untuk Libya. Dia meninggal saat gedung Konsulat di mana dirinya berada diroket oleh demonstran yang protes akan film 'Innocence of Muslims' pada 12 September 2012. Steven meninggal karena terjebak dalam reruntuhan dan terlalu banyak asap di sana.

Sementara 3 staf Kedubes AS lain tewas tertembak..



sumber

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar